Belajar Cara Buat Website Gratis Dan Mudah

Belajar Cara Buat Website Gratis Dan Mudah


























    Bagaimana cara bikin website itu ? inilah pertanyaan yang mungkin sering diajukan oleh teman-teman, yang baru saja ingin terjun ke dalam dunia fana atau yang biasa orang katakan adalah "DUMAY", banyak orang pasti akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara buat website itu ?
dari bagaimana cara membuat website gratis atau dengan yang memerlukan biaya untuk pembuatan website gratis tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini omtopik akan sedikit menjelaskan bagaimana membuat website gratis itu ?

Saya rasa teman-teman sudah sedikit mengerti, ketika pertama kalinya teman-teman ingin terjun ke dalam dunia internet, untuk apa sih sebenarnya teman-teman pingin banget belajar cara membuat website itu ?

Dari pertanyaan saya tersebut, coba silahkan pikirkan terlebih dahulu kebenaran teman-teman itu untuk apa sih kok bisa ingin terjun ke dalam dunia internet lalu mencari tahu sebuah topik tutorial belajar buat website, karena bagi saya nih teman-teman, dalam perumpamaannya ( kita ndeketin sik do'i untuk mau bertujuan untuk apa sih ? )
mengejar hatinya, belajar darinya, atau mungkin ingin berbisnis dengan dirinya.

Nah, dari situlah teman-teman untuk pertamanya harus memastikan terlebih dahulu, karena eh karena, jangan sampai nanti ketika sudah hampir jadi websitenya lalu melihat wesbite milik teman yang lain, eh malah kepingin website dengan yang seperti ada pada website teman kita itu, semoga jangan sampai seperti itu ya ?

Jika kita sudah tahu arah tujuan kita, kita mau belajar membuat website gratis itu untuk apa, maka dari situ jalan pikiran kita nantinya akan tergerak oleh sendirinya dan juga akan lebih cepat selesai dalam pengerjaan website kita.

Terus Gimana nih om, Belajar Cara Buat Website Gratis Dan Mudah itu om ?


tidak harus bingung searching kesana kemari, jika teman-teman sudah tahu tujuan teman-teman ingin belajar bikin website, karena omtopik akan memberikan cara buat website dengan gratis.

Silahkan teman-teman bisa mempelajarinya dalam tutorial cara membuat website dengan gratis dibawah ini :

Dalam topik kali ini omtopik akan mengambil contoh dari tujuan membuat website untuk meraih penghasilan melalui blog. dari sini kita dapat memulai dengan langkah awal yang dapat kita ambil yaitu dengan memakai platform apakah nantinya website yang akan kita buat.

Jika teman-teman belum tahu ingin menggunakan platform apa, omtopik akan sedikit memberikan refensinya, yaitu kita dapat membuat website kita dengan platform dibawah berikut ini :

Blogger


  Blogger merupakan sebuah layanan publikasi blog, yang dapat kita gunakan secara gratis dan juga dapat kita gunakan untuk membuat website hanya dalam beberapa detik saja.

  Blogger ini dibuat oleh Pyra Labs dan setelah itu diakuisisi oleh Google pada waktu tahun 2003. Pada umumnya, blog yang berada dihosting Google ini berada dalam subdomain blogspot.com. Dengan  Blogger ini kita dapat membuat sebuah nama domain kita sendiri dengan cara mengcustom nama domain dari subdomain blogspot kita ganti dengan nama domain kita.

  Jika kita sudah memiliki banyak trafik, dari penyedia blogger ini kita dapat mehasilkan uang dengan cara mendaftar ke dalam layanan Google adsense. Dari situlah pendapatan secara online akan kita dapatkan. Sudah banyak orang yang melakukan metode ini, ada yang tidak berhasil dan ada juga orang yang sudah menjadi jutawan hanya dengan bermodalkan blog tersebut. Blogger selain dapat digunakan sebagai media blog juga tentunya dapat kita gunakan sebagai sebuah website toko online, yang pada saat ini dari tahun 2016 sampai tahun 2017 ini, banyak orang dari anak yang baru saja menginjak usia dewasa telah terjun ke dalam toko online. dari platform inilah kita dapat memulai membuat website kita untuk pertama kalinya dengan cara membuat website gratis.

Fitur – fitur Blogger


  • Dapat menambahkan lokasi, ketika menulis artikel dan tampil akan tampil lokasi didalam website.
  • Dapat menentukan waktu penanggalan, saat kita ingin melakukan publikasi blog kita.
  • Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
  • Layanan penuh bagi Safari 3.
  • Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font ketika tulisan tersebut dipublikasikan.
  • Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google
  • waktu pemuatan yang lebih cepat
  • tombol Undo serta Redo
  • Fitur komentar yang terdapat pada artikel kita setelah kita publikasikan
  • Integrasi dengan google+
  • Mendukung layanan Google AdSense sebagai sebuah cara yang sangat bermanfaat bagi kita pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog kita.
  • Integrasi dengan google+ pada kotak komentar dan posting
  • Fitur mobile template dimana kita dapat melakukan design yang akan tampil didalam format mobile atau dengan memilih design yang telah disediakan, sehingga pengunjung website kita dapat melihat blog kita dari Handphone atau Gadget mereka dengan design tampilan yang telah tersesuaikan ( responsive ).
  • Integrasi[sunting | sunting sumber]
  • Terdapat fitur “BlogThis!” yang mengizinkan toolbar pengguna dengan akun Blogger untuk memposting tautan langsung ke blog mereka.
  • Terdapat layanan Google Adwords sebagai sebuah cara untuk mempromosikan blog baru kita dengan cara membayar.
  • Terdapat dukungan blog multi-pengarang, yang memungkinkan kits untuk dapat membuat sebuah blog untuk kelompok (group blog).
  • Fitur pengubahan template, dengan cara mendesain templat blog sesuai keinginan kita. Bagi kita yang mempunyai kemampuan atau keahlian dalam bidang bahasa pemrograman atau pemahaman kode CSS.
  • Dapat dihubungkan langsung dengan google+ yang dapat kita gunakan untuk menandai dengan cara men’tag teman dan berbagi langsung dengan mereka.

Cara membuat website dengan blogger

1. Buat akun google dari sini : Buat Akun Google
atau dapat melihat pada tutorial berikut : Cara membuat akun Google
2, Masukklah ke dalam website Blogger dari sini : www.blogger.com
3. Pilih dengan tombol Buat Blog
4. Konfirmasikan profil Google Plus
5. Klik menu tombol Buat Blog lagi
6. Tuliskan Judul Blog
7. Buat alamat website blog dengan subdomain blogpsot
8. Website sudah berhasil dibuat

Wordpress


Jika ada yang belum tahu tentang wordpress, sedikit omtopik akan memberikan penjelasan tentang wordpress ini.

 Wordpress adalah sebuah sumber aplikasi yang terbuka, yang biasa orang menyebutnya dengan CMS Open Source yang sangat populer hingga saat ini, sebagai alat yang dapat kita jadikan untuk membuat website blog.

CMS WordPress dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data yang menggunakan (database) MySQL. PHP dan MySQL, dari kedua tersebut adalah yang merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan oleh siapa saja. Selain dapat kita gunakan untuk membuat website blog, WordPress juga dapat kita gunakan sebagai sebuah CMS dengan nama panjangnya adalah Content Management System, karena didalam kemampuan wordpress dapat kita gunakan untuk memodifikasi dan dapat sesuaikan dengan kebutuhan website yang akan kita buat.

  Sedikit kita akan melihat Sejarah tentang WordPress ini, agar kita juga lebih mengenal dan lebih mahir dalam membuat website kita nantinya. dimulai dari Matt Mullenweg yang merupakan seorang pengguna yang selalu aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh programmernya yang bernama Michel Valdrighi, dari situ Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2 tersebut.

  WordPress mulai dikenal pertama kali pada tahun 2003, dari hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little ini Yang membuat WordPress pun semakin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilannya yang menarik, juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber yang terbuka tersebut.
Dari sedikit sejarah tersebut kita dapat menyimpulkan jika WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.
Nama WordPress sendiri ini diusulkan oleh Christine Selleck dari teman Matt Mullenweg. Dan pada saat ini WordPress menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan juga yang lainnya.

Fitur-fitur Wordpress


  • Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak dari WordPress ini kita hanya perlu mengunduh dari situs resminya tanpa harus merogoh atm atau dengan kata lainnya tanpa dipungut biaya, bahkan jika kita akan menggunakannya untuk tujuan blog yang komersial sekalipun kita dapat menggunakannya secara gratis. dari sini teman-teman dapat mendownloadnya langsung dari situs resminya melalui link berikut ini : Wordpress.org
  • Berbasis sebagai kode sumber yang terbuka yaitu Open Source. Dari yang kita sebagai Open source ini berarti jika kita paham atau memiliki kemampuan bahasa pemrograman kita dapat melihat dan juga memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak dari WordPress dengan secara bebas, sehingga kita yang memiliki tingkat lanjut kemampuan bahasa pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, selain itu kita juga dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut dengan yang sesuai keinginan kita.
  • Templat atau desain tampilannya yang mudah untuk di modifikasi sesuai dengan selera kita. Sehingga apabila kita memiliki pengetahuan tentang HTML yang cukup memadai, maka kita dapat berkreasi membuat template sendiri dengan keinginan selera kita masing-masing. Akan tetapi jika kita tidak memliki kemampuan HTML tersebut tidak perlu bingung atau berkecil hati, karena kita masih dapat memilih ribuan template yang juga gratis atau berbayar yang sudah banyak di internet secara bebas.
  • Pengoperasiannya mudah.
  • Dari Satu blog WordPress yang kita miliki, dapat kita gunakan untuk banyak pengguna atau multi user. Sehingga dengan WordPress juga kita dapat menggunakannya untuk sebuah blog komunitas dan dari anggota komunitas tersebut juga dapat berperan sebagai kontributor.
  • Jika kita sebelumnya sudah mempunyai banyak blog , misalnya dari Blogger, LiveJournal, TypePad atau yang lainnya, kita dapat mengimpor isi blog-blog kita tersebut lalu kita masukkan ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress tersebut. Dengan begitu kita tidak harus perlu dikhawatirkan blog yang sebelumnya sudah ada akan hilang sia-sia setelah menggunakan CMS dari WordPress ini.
  • Dukungan dari banyak komunitas untuk WordPress.
  • Tersedia berbagai banyak plugin yang terus berkembang. Plugin WordPress sendiri yaitu adalah sebuah program tambahan yang dapat kita integrasikan dengan WordPress untuk dapat memberikan fungsi-fungsi yang lainnya yang belum tersedia pada instalasi standar wordpress. Misalnya saja seperti plugin, SEO (Search Engine Optimizatiton), plugin anti-spam, plugin web counter, album foto dan tentunya masih banyak lagi plugin-plugin dari wordpress ini.
  • Kemampuan untuk dapat menampilkan seperti kode XML, XHTML, dan CSS.
  • Terdapat struktur permalink yang dapat memungkinkan mesin pencari untuk lebih dapat dengan mudah mengenali struktur blog kita dengan baik.
  • memungkinan untuk dapat meningkatkan performa blog kita dengan ekstensi.
  • Mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel yang kita buat dengan WordPress dapat dengan mudah kita katogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Yaitu dengan cara multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi yang akan menjadi lebih mudah untuk para pengunjung kita.
  • Terdapat Fasilitas Trackback dan Pingback yang juga memiliki kemampuan untuk dapat melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang kita buat dengan menggunakan Wordpress ini akan lebih cepat ter index pada mesin search engine.
  • Mempunyai format teks dan gaya teks yang cukup lengkap. Seperti fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, rata kanan, rata kiri, cetak miring dan tautan.
  • Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog). Yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah halaman privacy policy, T.O.S, About Website dan yang lain-lainnya.
  • Mendukung LaTeX.
  • Terdapat kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer).

Cara membuat website dengan Wordpress

dalam tahap membuat website dengan wordpress ini dapat dibagi menjadi dua tahap yaitu membuat website langsung dari wordpress atau membuat website dari hosting kita.

Karena kita itu sedang dalam tahap belajar, alangkah baiknnya jika kita menggunakan cara yang gratisan terlebih dahulu yaitu dengan cara langsung membuatnya dari wordpress, dan berikut caranya :
1. Masuk kedalam situs wordpress resminya langsung dari sini : wordpress.com
2. Klik tombol "Buat Situs Website" yang berada dalam tampilan website wordpress tersebut
3.Pilih dengan halaman seperti apa yang kita inginkan, ada 3 kolom bentuk halaman yang dapat kita pilih sesuai dengan selera kita masing-masing.
4. Pilih salah satu Template Wordpress yang akan kita pakai nantinya.
5. Tuliskan nama domain untuk situs website kita.
6. Ada empat kolom pada tampilan saat ini, jika kita menginginkan yang gratis kita dapat memilih yang gratis.
7. Buat akun wordpress, Silahkan masukkan email, username dan kata sandi sesuai dengan kontak kita.
8. Jika proses pembuatan akun sudah berhasil maka kita pilih tombol "Lanjutkan"
9. Website Wordpress kita telah berhasil kita buat.

Weebly


Weebly merupakan sebuah platform atau sarana untuk membuat website dengan gratis. Yang dapat kita gunakan dengan mudah dengan menggunakan fitur Widget, yang dapat memungkinkan bagi kita untuk mudah dalam membuat halaman hanya dengan beberapa klik hanya dengan cara menyeret lalu menjatuhkannya ke dalam halaman yang berbeda seperti contohnya untuk menambahkan, teks, gambar atau konten yang interaktif serta yang lainnya, untuk kita letakkan ke halaman, lalu yang akan kita isi dengan konten.
Weebly Dibuat oleh David Rusenko, Veltri, Chris Fanini, dan juga semua orang yang ketika itu menghadiri Penn State untuk gelar sarjana.
Kantor Pusat Weebly berada di daerah San Francisco, California, Amerika.

Fitur-Fitur Weebly


  • Antarmuka Weebly yang cukup mudah, hanya diperlukan drag and drop dalam pengaturan website yang kita buat.
  • Pengguna yang dapat melakukan atau membuat desain tema
  • Menambah blog
  • Bebas dari iklan.
  • Weebly terdiri dari 2 jenis akun yaitu :
  • Akun free yang dapat kita peroleh dengan gratis, hanya saja dalam fitur free ini kita dibatasi hanya untuk membuat website maksimal 2. 
  • Akun pro yang tentunya dengan merogoh uang didalam atm kita, dengan fasilitas fitur yang lebih leluasa yaitu kita dapat membuat website hingga sepuluh website, memiliki keunggulan untuk dapat meningkatkan “filesize” (ukuran file) dalam pengunggahan berkas, mengunggah video, perlindungan halaman, menambah atau mengcustom favicon, menghapus tauttan copyright dari weebly serta dukungan premium yang dapat kita lakukan ketika website kita dihadapi dengan masalah.
  • Dapat memungkinkan kita untuk menggunakan nama domain custom dalam versi yang gratis, dalam hal ini kita diberikan kesempatan untuk mencoba membuat website kita dengan sebelum kita ingin meningkatkan untuk versi weebly yang pro.
  • Terdapat Fitur Archive, Jika kita ingin bermigrasi ke dalam penyedia layanan hosting yang lain.
  • Dapat kita jadikan sebagai website ecommerce atau toko online.

Cara membuat website dengan Weebly

1. Silahkan masuk langsung ke dalam website resminya weebly dari sini : www.weebly.com
2. Pilih Tombol dengan yang bertuliskan "Get Started"
3. Buat akun weebly, dengan memasukkan nama lengkap, alamat email lalu kata sandi yang kita inginkan
4. Pilih tema untuk website kita nantinya
5. Klik Start Editing
6. Pilih nama domain untk website kita nantinya. karena kita membahas tentang cara membuat website gratis, maka kita pilih saja dengan subdomainnya weebly. lalu klik continue
6. Jika kita pengen mengedit tampilan website kita maka dari yang ada pada tampilan sekarang kita dapat mengeditnya.
7. Klik Publish jika kita sudah menyelesaikan dan memastikan website kita sudah benar jadi seperti harapan kita.
8.Silahkan lewati verifikasi reptcaca dengan mengeklik kotak centang disamping tulisan saya bukan robot. Lalu klik OK, Publish My Site
9. Berhasil, Langkah Belajar Cara Buat Website Gratis kita dengan Weebly sekarang dapat kita gunakan.

Nah, Jadi dari platform Blogger, Wordpress dan juga weebly itulah teman-teman dapat memulai belajar membuat website gratis, yang sesuai dengan apa yang telah kita tentukan tujuan kita ingin membuat website seperti apa begitu.
sebenarnya masih ada platform softaware yang dapat kita jadikan dalam membuat website gratis ini, akan tetapi itu nanti kita akan membahasnya pada tutorial omtopik yang lain.
Dan dengan sedikit pembahasan diatas ini Omtopik rasa mungkin teman-teman sudah sedikit paham ya untuk tutorial kali ini yaitu tentang Belajar Cara Buat Website Gratis Dan Mudah ini. Semoga dengan sedikit pembahasan kita kali ini dapat memberikan manfaat buat teman-teman semuanya. Salam dan semoga sukses.
Belajar Cara Buat Website Gratis Dan Mudah


























    Bagaimana cara bikin website itu ? inilah pertanyaan yang mungkin sering diajukan oleh teman-teman, yang baru saja ingin terjun ke dalam dunia fana atau yang biasa orang katakan adalah "DUMAY", banyak orang pasti akan bertanya-tanya tentang bagaimana cara buat website itu ?
dari bagaimana cara membuat website gratis atau dengan yang memerlukan biaya untuk pembuatan website gratis tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini omtopik akan sedikit menjelaskan bagaimana membuat website gratis itu ?

Saya rasa teman-teman sudah sedikit mengerti, ketika pertama kalinya teman-teman ingin terjun ke dalam dunia internet, untuk apa sih sebenarnya teman-teman pingin banget belajar cara membuat website itu ?

Dari pertanyaan saya tersebut, coba silahkan pikirkan terlebih dahulu kebenaran teman-teman itu untuk apa sih kok bisa ingin terjun ke dalam dunia internet lalu mencari tahu sebuah topik tutorial belajar buat website, karena bagi saya nih teman-teman, dalam perumpamaannya ( kita ndeketin sik do'i untuk mau bertujuan untuk apa sih ? )
mengejar hatinya, belajar darinya, atau mungkin ingin berbisnis dengan dirinya.

Nah, dari situlah teman-teman untuk pertamanya harus memastikan terlebih dahulu, karena eh karena, jangan sampai nanti ketika sudah hampir jadi websitenya lalu melihat wesbite milik teman yang lain, eh malah kepingin website dengan yang seperti ada pada website teman kita itu, semoga jangan sampai seperti itu ya ?

Jika kita sudah tahu arah tujuan kita, kita mau belajar membuat website gratis itu untuk apa, maka dari situ jalan pikiran kita nantinya akan tergerak oleh sendirinya dan juga akan lebih cepat selesai dalam pengerjaan website kita.

Terus Gimana nih om, Belajar Cara Buat Website Gratis Dan Mudah itu om ?


tidak harus bingung searching kesana kemari, jika teman-teman sudah tahu tujuan teman-teman ingin belajar bikin website, karena omtopik akan memberikan cara buat website dengan gratis.

Silahkan teman-teman bisa mempelajarinya dalam tutorial cara membuat website dengan gratis dibawah ini :

Dalam topik kali ini omtopik akan mengambil contoh dari tujuan membuat website untuk meraih penghasilan melalui blog. dari sini kita dapat memulai dengan langkah awal yang dapat kita ambil yaitu dengan memakai platform apakah nantinya website yang akan kita buat.

Jika teman-teman belum tahu ingin menggunakan platform apa, omtopik akan sedikit memberikan refensinya, yaitu kita dapat membuat website kita dengan platform dibawah berikut ini :

Blogger


  Blogger merupakan sebuah layanan publikasi blog, yang dapat kita gunakan secara gratis dan juga dapat kita gunakan untuk membuat website hanya dalam beberapa detik saja.

  Blogger ini dibuat oleh Pyra Labs dan setelah itu diakuisisi oleh Google pada waktu tahun 2003. Pada umumnya, blog yang berada dihosting Google ini berada dalam subdomain blogspot.com. Dengan  Blogger ini kita dapat membuat sebuah nama domain kita sendiri dengan cara mengcustom nama domain dari subdomain blogspot kita ganti dengan nama domain kita.

  Jika kita sudah memiliki banyak trafik, dari penyedia blogger ini kita dapat mehasilkan uang dengan cara mendaftar ke dalam layanan Google adsense. Dari situlah pendapatan secara online akan kita dapatkan. Sudah banyak orang yang melakukan metode ini, ada yang tidak berhasil dan ada juga orang yang sudah menjadi jutawan hanya dengan bermodalkan blog tersebut. Blogger selain dapat digunakan sebagai media blog juga tentunya dapat kita gunakan sebagai sebuah website toko online, yang pada saat ini dari tahun 2016 sampai tahun 2017 ini, banyak orang dari anak yang baru saja menginjak usia dewasa telah terjun ke dalam toko online. dari platform inilah kita dapat memulai membuat website kita untuk pertama kalinya dengan cara membuat website gratis.

Fitur – fitur Blogger


  • Dapat menambahkan lokasi, ketika menulis artikel dan tampil akan tampil lokasi didalam website.
  • Dapat menentukan waktu penanggalan, saat kita ingin melakukan publikasi blog kita.
  • Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode).
  • Layanan penuh bagi Safari 3.
  • Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font ketika tulisan tersebut dipublikasikan.
  • Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google
  • waktu pemuatan yang lebih cepat
  • tombol Undo serta Redo
  • Fitur komentar yang terdapat pada artikel kita setelah kita publikasikan
  • Integrasi dengan google+
  • Mendukung layanan Google AdSense sebagai sebuah cara yang sangat bermanfaat bagi kita pemilik blog untuk mendapatkan penghasilan dari blog kita.
  • Integrasi dengan google+ pada kotak komentar dan posting
  • Fitur mobile template dimana kita dapat melakukan design yang akan tampil didalam format mobile atau dengan memilih design yang telah disediakan, sehingga pengunjung website kita dapat melihat blog kita dari Handphone atau Gadget mereka dengan design tampilan yang telah tersesuaikan ( responsive ).
  • Integrasi[sunting | sunting sumber]
  • Terdapat fitur “BlogThis!” yang mengizinkan toolbar pengguna dengan akun Blogger untuk memposting tautan langsung ke blog mereka.
  • Terdapat layanan Google Adwords sebagai sebuah cara untuk mempromosikan blog baru kita dengan cara membayar.
  • Terdapat dukungan blog multi-pengarang, yang memungkinkan kits untuk dapat membuat sebuah blog untuk kelompok (group blog).
  • Fitur pengubahan template, dengan cara mendesain templat blog sesuai keinginan kita. Bagi kita yang mempunyai kemampuan atau keahlian dalam bidang bahasa pemrograman atau pemahaman kode CSS.
  • Dapat dihubungkan langsung dengan google+ yang dapat kita gunakan untuk menandai dengan cara men’tag teman dan berbagi langsung dengan mereka.

Cara membuat website dengan blogger

1. Buat akun google dari sini : Buat Akun Google
atau dapat melihat pada tutorial berikut : Cara membuat akun Google
2, Masukklah ke dalam website Blogger dari sini : www.blogger.com
3. Pilih dengan tombol Buat Blog
4. Konfirmasikan profil Google Plus
5. Klik menu tombol Buat Blog lagi
6. Tuliskan Judul Blog
7. Buat alamat website blog dengan subdomain blogpsot
8. Website sudah berhasil dibuat

Wordpress


Jika ada yang belum tahu tentang wordpress, sedikit omtopik akan memberikan penjelasan tentang wordpress ini.

 Wordpress adalah sebuah sumber aplikasi yang terbuka, yang biasa orang menyebutnya dengan CMS Open Source yang sangat populer hingga saat ini, sebagai alat yang dapat kita jadikan untuk membuat website blog.

CMS WordPress dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data yang menggunakan (database) MySQL. PHP dan MySQL, dari kedua tersebut adalah yang merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan oleh siapa saja. Selain dapat kita gunakan untuk membuat website blog, WordPress juga dapat kita gunakan sebagai sebuah CMS dengan nama panjangnya adalah Content Management System, karena didalam kemampuan wordpress dapat kita gunakan untuk memodifikasi dan dapat sesuaikan dengan kebutuhan website yang akan kita buat.

  Sedikit kita akan melihat Sejarah tentang WordPress ini, agar kita juga lebih mengenal dan lebih mahir dalam membuat website kita nantinya. dimulai dari Matt Mullenweg yang merupakan seorang pengguna yang selalu aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh programmernya yang bernama Michel Valdrighi, dari situ Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2 tersebut.

  WordPress mulai dikenal pertama kali pada tahun 2003, dari hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little ini Yang membuat WordPress pun semakin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilannya yang menarik, juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber yang terbuka tersebut.
Dari sedikit sejarah tersebut kita dapat menyimpulkan jika WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.
Nama WordPress sendiri ini diusulkan oleh Christine Selleck dari teman Matt Mullenweg. Dan pada saat ini WordPress menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan juga yang lainnya.

Fitur-fitur Wordpress


  • Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak dari WordPress ini kita hanya perlu mengunduh dari situs resminya tanpa harus merogoh atm atau dengan kata lainnya tanpa dipungut biaya, bahkan jika kita akan menggunakannya untuk tujuan blog yang komersial sekalipun kita dapat menggunakannya secara gratis. dari sini teman-teman dapat mendownloadnya langsung dari situs resminya melalui link berikut ini : Wordpress.org
  • Berbasis sebagai kode sumber yang terbuka yaitu Open Source. Dari yang kita sebagai Open source ini berarti jika kita paham atau memiliki kemampuan bahasa pemrograman kita dapat melihat dan juga memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak dari WordPress dengan secara bebas, sehingga kita yang memiliki tingkat lanjut kemampuan bahasa pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, selain itu kita juga dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut dengan yang sesuai keinginan kita.
  • Templat atau desain tampilannya yang mudah untuk di modifikasi sesuai dengan selera kita. Sehingga apabila kita memiliki pengetahuan tentang HTML yang cukup memadai, maka kita dapat berkreasi membuat template sendiri dengan keinginan selera kita masing-masing. Akan tetapi jika kita tidak memliki kemampuan HTML tersebut tidak perlu bingung atau berkecil hati, karena kita masih dapat memilih ribuan template yang juga gratis atau berbayar yang sudah banyak di internet secara bebas.
  • Pengoperasiannya mudah.
  • Dari Satu blog WordPress yang kita miliki, dapat kita gunakan untuk banyak pengguna atau multi user. Sehingga dengan WordPress juga kita dapat menggunakannya untuk sebuah blog komunitas dan dari anggota komunitas tersebut juga dapat berperan sebagai kontributor.
  • Jika kita sebelumnya sudah mempunyai banyak blog , misalnya dari Blogger, LiveJournal, TypePad atau yang lainnya, kita dapat mengimpor isi blog-blog kita tersebut lalu kita masukkan ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress tersebut. Dengan begitu kita tidak harus perlu dikhawatirkan blog yang sebelumnya sudah ada akan hilang sia-sia setelah menggunakan CMS dari WordPress ini.
  • Dukungan dari banyak komunitas untuk WordPress.
  • Tersedia berbagai banyak plugin yang terus berkembang. Plugin WordPress sendiri yaitu adalah sebuah program tambahan yang dapat kita integrasikan dengan WordPress untuk dapat memberikan fungsi-fungsi yang lainnya yang belum tersedia pada instalasi standar wordpress. Misalnya saja seperti plugin, SEO (Search Engine Optimizatiton), plugin anti-spam, plugin web counter, album foto dan tentunya masih banyak lagi plugin-plugin dari wordpress ini.
  • Kemampuan untuk dapat menampilkan seperti kode XML, XHTML, dan CSS.
  • Terdapat struktur permalink yang dapat memungkinkan mesin pencari untuk lebih dapat dengan mudah mengenali struktur blog kita dengan baik.
  • memungkinan untuk dapat meningkatkan performa blog kita dengan ekstensi.
  • Mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel yang kita buat dengan WordPress dapat dengan mudah kita katogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Yaitu dengan cara multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi yang akan menjadi lebih mudah untuk para pengunjung kita.
  • Terdapat Fasilitas Trackback dan Pingback yang juga memiliki kemampuan untuk dapat melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang kita buat dengan menggunakan Wordpress ini akan lebih cepat ter index pada mesin search engine.
  • Mempunyai format teks dan gaya teks yang cukup lengkap. Seperti fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, rata kanan, rata kiri, cetak miring dan tautan.
  • Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog). Yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah halaman privacy policy, T.O.S, About Website dan yang lain-lainnya.
  • Mendukung LaTeX.
  • Terdapat kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer).

Cara membuat website dengan Wordpress

dalam tahap membuat website dengan wordpress ini dapat dibagi menjadi dua tahap yaitu membuat website langsung dari wordpress atau membuat website dari hosting kita.

Karena kita itu sedang dalam tahap belajar, alangkah baiknnya jika kita menggunakan cara yang gratisan terlebih dahulu yaitu dengan cara langsung membuatnya dari wordpress, dan berikut caranya :
1. Masuk kedalam situs wordpress resminya langsung dari sini : wordpress.com
2. Klik tombol "Buat Situs Website" yang berada dalam tampilan website wordpress tersebut
3.Pilih dengan halaman seperti apa yang kita inginkan, ada 3 kolom bentuk halaman yang dapat kita pilih sesuai dengan selera kita masing-masing.
4. Pilih salah satu Template Wordpress yang akan kita pakai nantinya.
5. Tuliskan nama domain untuk situs website kita.
6. Ada empat kolom pada tampilan saat ini, jika kita menginginkan yang gratis kita dapat memilih yang gratis.
7. Buat akun wordpress, Silahkan masukkan email, username dan kata sandi sesuai dengan kontak kita.
8. Jika proses pembuatan akun sudah berhasil maka kita pilih tombol "Lanjutkan"
9. Website Wordpress kita telah berhasil kita buat.

Weebly


Weebly merupakan sebuah platform atau sarana untuk membuat website dengan gratis. Yang dapat kita gunakan dengan mudah dengan menggunakan fitur Widget, yang dapat memungkinkan bagi kita untuk mudah dalam membuat halaman hanya dengan beberapa klik hanya dengan cara menyeret lalu menjatuhkannya ke dalam halaman yang berbeda seperti contohnya untuk menambahkan, teks, gambar atau konten yang interaktif serta yang lainnya, untuk kita letakkan ke halaman, lalu yang akan kita isi dengan konten.
Weebly Dibuat oleh David Rusenko, Veltri, Chris Fanini, dan juga semua orang yang ketika itu menghadiri Penn State untuk gelar sarjana.
Kantor Pusat Weebly berada di daerah San Francisco, California, Amerika.

Fitur-Fitur Weebly


  • Antarmuka Weebly yang cukup mudah, hanya diperlukan drag and drop dalam pengaturan website yang kita buat.
  • Pengguna yang dapat melakukan atau membuat desain tema
  • Menambah blog
  • Bebas dari iklan.
  • Weebly terdiri dari 2 jenis akun yaitu :
  • Akun free yang dapat kita peroleh dengan gratis, hanya saja dalam fitur free ini kita dibatasi hanya untuk membuat website maksimal 2. 
  • Akun pro yang tentunya dengan merogoh uang didalam atm kita, dengan fasilitas fitur yang lebih leluasa yaitu kita dapat membuat website hingga sepuluh website, memiliki keunggulan untuk dapat meningkatkan “filesize” (ukuran file) dalam pengunggahan berkas, mengunggah video, perlindungan halaman, menambah atau mengcustom favicon, menghapus tauttan copyright dari weebly serta dukungan premium yang dapat kita lakukan ketika website kita dihadapi dengan masalah.
  • Dapat memungkinkan kita untuk menggunakan nama domain custom dalam versi yang gratis, dalam hal ini kita diberikan kesempatan untuk mencoba membuat website kita dengan sebelum kita ingin meningkatkan untuk versi weebly yang pro.
  • Terdapat Fitur Archive, Jika kita ingin bermigrasi ke dalam penyedia layanan hosting yang lain.
  • Dapat kita jadikan sebagai website ecommerce atau toko online.

Cara membuat website dengan Weebly

1. Silahkan masuk langsung ke dalam website resminya weebly dari sini : www.weebly.com
2. Pilih Tombol dengan yang bertuliskan "Get Started"
3. Buat akun weebly, dengan memasukkan nama lengkap, alamat email lalu kata sandi yang kita inginkan
4. Pilih tema untuk website kita nantinya
5. Klik Start Editing
6. Pilih nama domain untk website kita nantinya. karena kita membahas tentang cara membuat website gratis, maka kita pilih saja dengan subdomainnya weebly. lalu klik continue
6. Jika kita pengen mengedit tampilan website kita maka dari yang ada pada tampilan sekarang kita dapat mengeditnya.
7. Klik Publish jika kita sudah menyelesaikan dan memastikan website kita sudah benar jadi seperti harapan kita.
8.Silahkan lewati verifikasi reptcaca dengan mengeklik kotak centang disamping tulisan saya bukan robot. Lalu klik OK, Publish My Site
9. Berhasil, Langkah Belajar Cara Buat Website Gratis kita dengan Weebly sekarang dapat kita gunakan.

Nah, Jadi dari platform Blogger, Wordpress dan juga weebly itulah teman-teman dapat memulai belajar membuat website gratis, yang sesuai dengan apa yang telah kita tentukan tujuan kita ingin membuat website seperti apa begitu.
sebenarnya masih ada platform softaware yang dapat kita jadikan dalam membuat website gratis ini, akan tetapi itu nanti kita akan membahasnya pada tutorial omtopik yang lain.
Dan dengan sedikit pembahasan diatas ini Omtopik rasa mungkin teman-teman sudah sedikit paham ya untuk tutorial kali ini yaitu tentang Belajar Cara Buat Website Gratis Dan Mudah ini. Semoga dengan sedikit pembahasan kita kali ini dapat memberikan manfaat buat teman-teman semuanya. Salam dan semoga sukses.

No comments:

Komentar yang mengandung unsur pornografi, sara dan ungkapan kebencian atau penjualan produk terlarang akan dihapus atau tidak akan dipublikasikan

Powered by Blogger.